Kamis, 24 Februari 2011

Sri Maryati, S830908143, “Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dengan metode observasi laboratorium dan metode observasi lapangan ditinjau dari sikap ilmiah dan konsep diri siswa (Studi kasus di SMA Negeri 2 Yogyakarta kelas XII IA semester 2 tahun pelajaran 2008-2009 pada materi Bioteknologi).

Tujuan penelitan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap prestasi belajar siswa: 1) dengan metode observasi laboratorium dan metode observasi lapangan, 2) sikap ilmiah siswa katagori tinggi dan sikap ilmiah siswa katagori rendah,3) konsep diri siswa positif dan konsep diri siswa negatif, 4) Interaksi sikap ilmiah dan konsep diri siswa, 5) Interaksi metode observasi laboratorium dan metode observasi lapangan dengan sikap ilmiah siswa,6) Interaksi metode observasi laboratorium dan metode observasi lapangan dengan konsep diri siswa,7) Interaksi metode observasi laboratorium dan metode observasi lapangan dengan sikap ilmiah dan konsep diri siswa.

Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2×2x2, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 2 Yogyakarta. Sampel diambil secara nonrandom sebanyak dua kelas. Kelompok kelas eksperimen dengan metode observasi laboratorium terdiri dari 40 siswa kelas XII IA 1 dan kelompok eksperimen dengan metode observasi lapangan terdiri dari 40 siswa kelas XII IA 5.

Dari hasil penelitian didapatkan : 1) Ada pengaruh metode observasi laboratorium dan metode observasi lapangan terhadap prestasi belajar siswa. P- value = 0,039. 2) Ada pengaruh sikap ilmiah siswa katagori tinggi dan sikap ilmiah siswa katagori rendah terhadap prestasi belajar siswa P-Value = 0,000 3) Ada pengaruh konsep diri siswa positif dan konsep diri siswa negatif terhadap prestasi belajar siswa P-value 0,021 4) Tidak ada Interaksi sikap ilmiah dan konsep diri siswa terhadap prestasi belajar siswa,P-value 0.358, 5) Tidak ada interaksi metode observasi laboratorium dan metode observasi lapangan dengan sikap ilmiah siswa terhadap prestasi belajar siswa P-value 0.273, 6) Tidak ada interaksi metode observasi laboratorium dan metode observasi lapangan dengan konsep diri siswa terhadap prestasi belajar siswa P-value 0.133, 7) Tidak ada interaksi metode observasi laboratorium dan metode observasi lapangan dengan sikap ilmiah dan konsep diri siswa terhadap prestasi belajar siswa konsep diri 0.981 Dari uji lanjut pasca anava ternyata baik metode, sikap ilmiah dan konsep diri terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara metode ,sikap ilmiah dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa

This entry was posted on Senin, Januari 19th, 2009 at 12:01 pm and is filed under Publikasi Tesis/Disertasi Siap Uji .

0 komentar:

Posting Komentar

jika anda tidak senang maka jawablah tidak!!